Buku Bernuansa Mystery & Thriller Favorit di 2020

Sudah lumayan lama tidak menulis kategori List/Daftar. Tulisan terakhir dengan label ini sekitar 2016 lalu dengan topik buku-buku yang bercerita tentang cinta. Kali ini mau kubuat kembali meski agak personal, sih, topiknya. Aku mau membahas buku genre mistery (and thriller) yang telah kubaca di 2020 ini. Kebetulan atau apa di tahun "new normal" akibat Covid-19 ini, aku lebih banyak membaca buku fiksi yang bernuansa seperti itu. Selama 2020, total ada delapan buku yang masuk ke genre ini. Diantara kedelapan buku itu, aku akan ambil yang kusuka dan menurutku terbaik. 

Buku-buku bertema Mystery & Thriller 

Sebelum masuk ke daftar bukunya, aku mau membuat batasan dulu terkait postingan ini. Pertama, buku-buku yang masuk ke daftar ini adalah buku bernuansa mystery & thriller yang telah kubaca di 2020. Jadi buku-buku tersebut bukan terbitan tahun ini, ya. Malah semuanya terbitan lampau (sebelum 2020). :D 

Kedua, aku bukan pakar dalam genre buku dan sebagainya. Jadi, aku akan berpatokan ke sumber lainnya terkait definisi dari genre mystery & thriller itu sendiri. Aku menemukan tiga situs yang membahas tentang genre ini (lihat referensi di bagian akhir tulisan). Secara garis besar, berikut rangkuman definisi mystery & thriller novels berdasarkan situs-situs tersebut: 

Mystery 

Mengangkat kisah tentang tindak kejahatan (terutama pembunuhan). Protagonis akan mencari tahu siapa pelakunya dan motif dibalik tindakan kriminal tersebut. 

Thriller 

Karakter utama (protagonis) sudah dalam bahaya sejak awal cerita (atau begitulah asumsinya). Pembaca telah diberi tahu siapa yang antagonis (bad guy) dan protagonis biasanya berusaha untuk menghentikan mereka berbuat kejahatan. Cerita bermuatan thriller umumnya lebih emosional serta berfokus pada rasa takut atau kengerian yang dialami oleh karakter utamanya (good guy/hero). 

Berdasarkan definisi tersebut, berikut delapan buku yang menurutku bernuansa mystery & thriller dan telah selesai kubaca di tahun 2020 ini: 
  • Big Little Lies by Liane Moriarty (mystery) 
  • The Isle of Blood by Rick Yancey (mystery, thriller) 
  • The Silent Patient by Alex Michaelides (mystery, thriller) 
  • The Book of Mirrors by E.O. Chirovici (mystery) 
  • Year of the Hyenas by Brad Geagley (mystery) 
  • Day of the False King Brad Geagley (mystery) 
  • The Life We Burry by Allen Eskens (mystery, thriller) 
  • The Woman in Cabin 10 by Ruth Ware (mystery) 

Buku Mystery & Thriller Favorit

Dari delapan buku di atas, ada empat diantaranya yang paling kusuka. Kebetulan saja jumlahnya genap, tidak seperti postingan listicle pada umumnya, hehe. Buku-buku ini menjadi favorit karena menurutku unsur misteri dan thriller-nya cukup kental. Pembaca diajak menerka siapa yang terlibat di dalam kasus tersebut dan tentunya dibuat penasaran, ada apa sih sebenarnya di balik semua ini. Selebihnya, penilaian dilakukan sesuai selera saja. Seperti yang kutulis di paragraf pertama, penilaiannya personal/subjektif. Adapun buku-buku yang kupilih ini diurutkan berdasarkaan tanggal selesai baca ya, bukan urutan semacam peringkat atau apa. 

The Silent Patient by Alex Michaelides 

Ini merupakan novel debut penulisnya dan langsung menjadi juara pada Goodreads Choice Award 2019 kategori mystery and thriller. Novel ini pastinya mengangkat kisah tentang kasus pembunuhan. Tersangka telah didapatkan dan dirawat di sebuah (katakanlah) pusat rehabilitasi kejiwaan. Alicia yang merupakan seorang pelukis, membisu selama sidang dan seterusnya setelah ditemukan membunuh suaminya, Gabriel dengan keji. Theo Faber, seorang psikoterpis tergugah dengan kondisi Alicia dan berniat untuk menyembuhkannya. Sebagian besar kisah di novel ini dilihat dari kacamata Theo. Plot twist di akhir cerita sangat tidak terduga (aku tidak menduganya) meski beberapa cara penyampaian di buku ini lumayan umum. Ah, maksudku ini novel debut yang menarik. Silakan dicoba.

The Book of Mirrors by E.O. Chirovici 

Kasus pembunuhan di masa lalu kembali naik ke permukaan setelah Richard Flynn mengajukan naskahnya ke sebuah penerbit. Ketika penerbit tertarik karena naskah tersebut bisa berharga jutaan, Richard keburu meninggal. Kasus ini menawarkan kisah misteri yang menarik dan penyelidikan pun dilakukan. Novel ini terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagiannya membuat pembaca lebih dekat untuk menguak siapa pembunuhnya. Seperti yang digambarkan oleh judul novel ini, kasusnya mirip sebuah cermin. Kasus ini dilihat dari banyak kacamata dan apa yang terlihat bisa benar sekaligus salah. Ugh, menggemaskan. :D

Year of the Hyenas by Brad Geagley 

Buku pertama dari serial Semerket. Buku keduanya yaitu Day of the False King juga tidak kalah menarik. Adapun Year of the Hyenas menghadirkan misteri dalam nuansa peradaban kuno, tepatnya peradaban Mesir Kuno. Ini adalah buku pertama dari serial Semerket. Seorang pendeta tua ditemukan tewas dan Semerket yang merupakan penduduk biasa diminta untuk menyelidiki kasus ini. Dari mana dia harus memulai dan bagaimana sih menyelesaikan kasus pembunuhan tapi dalam ruang lingkup peradaban masa lalu? Itulah salah satu poin menarik dari buku ini. Penyelidikan yang dilakukan Semerket pun berujung kepada hal yang lebih serius, terkait dengn konspirasi perebutan kekuasaan di kalangan atas (Firaun beserta keluarga). 
Peradaban kerajaan kuno di area sungai Nil itu saja sudah membawa nuansa misteri tersendiri. Di dalam novel ini, kebudayaan dan tata cara kehidupan mereka diangkat dengan baik. Pembaca seperti berpetualang bersama Semerket di negeri asing sambil mengungkap kebenaran dibalik kematian pendeta tersebut serta konspirasi politik lainnya. Singkatnya, buku ini menawarkan aroma misteri yang eksotis terkait latar tempat dan latar waktu ceritanya.

The Live We Bury karya Allen Eskens 

Tidak ada peradaban kuno, buku ini mengangkat tema misteri pada umumnya yaitu pembunuhan. Joe Talbert mendapat tugas menulis biografi dan dia mendapatkan narasumber seorang narapidana. Carl Iverson divonis penjara seumur hidup karena terbukti sebagai pembunuh gadis berusia 14 tahun. Tiga puluh tahun kemudian, dia sekarat akibat kanker dan dipindahkan ke panti jompo. Cerita Carl membuat Joe ingin mencari tahu apakah yang sebenarnya terjadi saat itu meski disaat bersamaan Joe harus dipusingkan mengurus masalah keluarga dan keuangannya. Buku ini menarik sekali karena cerita di dalamnya berkaitan erat membentuk sebab-akibat. Rasanya aku tidak menemukan alur yang berlubang. Pembaca memang dibuat bertanya-tanya tentang kebenaran kasus yang menimpa Carl, namun setelah terungkap, sebuah plot twist ternyata telah disiapkan dengan “manis” oleh penulis. Bravo.

Itulah empat buku bernuansa mystery and thriller terbaik versiku yang berhasil dibaca di tahun ini. Tidak terasa 2020 sudah mau habis saja, ya. Aku tidak tahu bagaimana tahun depan, akan lebih banyak membaca buku di genre apa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku tidak punya rencana khusus ingin membaca buku apa saja. Bacaanku seringnya tergantung mood dan stok buku di rak. Baiklah, semoga daftar buku tadi bermanfaat. Selamat berakhir tahun teman-teman. :D 

Referensi: 

Comments

  1. Wah pas banget nih lagi cari bacaan msyteri/thriller karena lagi bosen baca fantasy. Aku tertarik baca silent patient sama Year of the Hyenas tapi ini seri ya 🤔 apakah ceritanya bersambung? atau cuma kesamaan tokoh aja tapi kasusnya berubah di setiap buku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Tika.
      Year of the Hyenas buku pertama dari serial Semerket. Dengan buku keduanya beda kasus dan beda tempat tapi masih saling berhubungan sih. Jalan ceritanya masih nyambung gitu. Ini buku baru kubaca tahun ini tapi terbitnya sudah lama 2015.
      Oya, sudah liat hasil GCA 2020? Kayaknya list buku mystery/thriller nya menarik. Tapi aku mungkin nunggu versi terjemahannya saja (kalau diterjemahkan) haha.

      Delete
    2. Ohhh harus dari buku pertama berarti ya bacanya supaya paham dengan ceritanya. Baiklah nanti coba aku cari.
      Udah liaaat dong hasilnya, beberapa udah ditandain juga tuh wkwkwk. Dan bener banget berharap ada penerbit yang mau terjemahin, karena kalo bahasa inggris bisa lama banget bacanya 🤣

      Delete
  2. Makasih banyak kak, aku juga lagi cari" nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terimakasih sudah mampir ke sini. :D

      Delete
  3. Wahhh makasih referensinya, kebetulan genre favorite nih. Aku baru baca the silent patient dan sukaaaa. Buku yang lain yang direkomendasikan disini bakal masuk di antrian baca nih. Thanks. Ijin SS ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kak renov suka mystery&thriller yaa. Aku lumayan suka juga setelah genre fantasy pastinya.
      Silakan SS kak. Ditunggu opininya kalau udaa baca nanti ya. Semoga cocok. :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Le Petit Prince by Saint-Exupery – Perenungan sederhana tentang kehidupan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Emma by Jane Austen – Drama percintaan klasik