About

Hai, selamat datang di BukuLova. 
Halaman ini dibuat khusus untuk bercerita sekilas tentang blog ini.

sumber: unsplash

Profil Penulis

Namaku Rizki Wulandari. Aku seorang ibu rumah tangga. Bukulova adalah blog ketigaku yang dibuat khusus untuk menampung cerita seputar buku. Profil lengkapku bisa dilihat di sini: Contact

Tentang Blog Bukulova

Awal Mula

Sejak kecil, aku suka membaca. Orangtua turut berperan dalam membentuk hobi bacaku. Mereka mendukung hobi ini dengan membelikanku majalah anak-anak semacam Bobo, Ina, Donal Bebek, dll. Seiring berjalannya waktu, aku pun mulai suka membaca komik-komik dari negeri Sakura serta novel-novel remaja tipis seperti Goosebumps.

Lambat laun, hobi bacaku membuatku semakin menyukai benda segi empat bernama buku. Sebagai bentuk ekspresi akan hobi dan kesukaan terhadap buku serta keinginan untuk membuat dokumentasi bacaan, aku membuat blog ini. Isinya sebagian besar berupa ulasan/resensi/review dari buku-buku yang sudah kubaca. Ada juga beberapa cerita lainnya yang masih berkaitan dengan dunia buku.

Buku-buku yang Dibaca

Sebagian besar buku-buku yang kubaca (dan tampil di blog ini) merupakan buku fiksi dengan beragam genre. Namun aku tidak membatasi diri dan mulai membaca buku non fiksi terutama yang berkaitan dengan self-improvement atau self-help.

Aku suka bacaan yang bervariasi. Jadi tidak mau hanya membaca buku dari pengarang tertentu atau hanya buku-buku populer (best-selling books). Buku-buku dari pengarang lokal maupun lintas negara yang baru memulai debutnya tetap bisa menarik hati meski terkadang popularitas penulis dan penghargaan yang diterima oleh buku tersebut bisa juga mempengaruhi keputusan untuk membaca buku tersebut atau tidak.

Buku-buku yang kubaca tidak selalu buku yang baru terbit. Kebanyakan malah buku yang telah terbit lama. Meski tidak masalah membaca e-books namun aku sangat amat suka membaca buku cetak (printed-books).

Selain itu aku lebih sering memilih buku berdasarkan blurb/premis yang ditawarkan meski sering juga tergoda saat melihat sampulnya. Terkadang review/ulasan tentang buku tersebut (sedikit banyak) dapat mempengaruhi keinginanku membaca/mengoleksinya. 

Tentang Review/Ulasan Buku 

Sejak blog ini dibuat, aku telah berkomitmen untuk sebisa mungkin menulis review/ulasan dari setiap buku-buku yang telah kubaca. Review/ulasan yang kutulis di blog ini merupakan opini pribadiku terkait dengan apa yang kupikirkan/kurasakan saat menikmati buku tersebut.

Opini tersebut boleh jadi subjektif namun jujur. Tidak ada maksud untuk menjelekkan, menjatuhkan, atau malah berlebihan menyanjung dalam setiap review/ulasan. Setiap orang pasti mempunyai seleranya masing-masing. Jika tidak menyukai suatu buku, aku akan berusaha menemukan sisi positifnya atau paling tidak akan disampaikan dengan sesopan mungkin saat mengulasnya, hehe.

Jika ada penulis maupun penerbit yang ingin bukunya direview/diulas oleh Bukulova, maka dengan senang hati menerimanya. Silakan menghubungiku melalui laman Contact ini.    

Perihal Rating

Di dalam setiap ulasan/resensi/review yang kubuat, aku menyertakan peringkat/rating untuk buku tersebut. Meski terkesan subjektif, aku akan berusaha se-objektif mungkin dalam menuliskan ulasan dan memberikan peringkat. Mulai tahun 2019, aku mengikuti sistem rating seperti yang ada di situs Goodreads yaitu:


Update 2020 - Awalnya label/tag tentang rating ini aku letakkan di menu side bar blog. Namun setelah kupikir lagi, sepertinya rating ini memang lumayan subjektif dan aku juga sedang ingin merapikan side bar blog ini. Oleh karena itu aku putuskan kalau label tentang rating ini tidak akan dimunculkan lagi di sana. Pembaca masih dapat menemukan rating yang kuberi untuk buku yang sudah kubaca menyatu dengan postingan review/ulasannya. Begitu pula jika ingin melihat rating buku lainnya, silakan akses lewat postingan bertanda "Review/Ulasan". Intinya rating versiku itu hanya bisa diakses melalui postingan, bukan lagi melalui menu side bar blog ini, hehe.

Copyright

Blog ini dikelola secara pribadi dan semua postingan di blog ini ditulis sendiri. Meskipun postingan di sini tidak bagus/keren, tolong jangan dikopi sembarangan. Jika ingin menyalin dan/atau mengutip postingan di Bukulova, harap cantumkan kredit/referensi yang mengarah ke blog ini. Boleh juga kalau mau mencantumkan link hidup ke sini, hehe. Intinya, hargailah hasil karya orang lain seperti kamu ingin hasil karyamu dihargai. Terimakasih.   

Jadwal Tayang

Jika tidak ada halangan, postingan terbaru dari blog ini akan tayang setiap Jumat pukul 8.00 WIB.

Blog Lainnya

Selain Bukulova, menulis juga di Pandoraque. Blog Pandoraque merupakan personal blog tanpa niche berisi sudut pandangku terhadap suatu hal serta cerita pengalaman pribadi saat melakukan perjalanan, menikmati kuliner, melakukan hobi, dll. Silakan mampir ke sana, ya.

Komunitas

Blog ini bergabung dengan beberapa komunitas blogger/menulis. Logo komunitas tersebut bisa dilihat di bagian side bar blog ini. Berikut nama-nama komunitas yang Bukulova ikuti:

BBI (Blogger Buku Indonesia) | Blogger Perempuan | Komunitas 1 Minggu 1 Cerita
Warung Blogger | Indonesian Female Blogger 

Baiklah, sekian dulu cerita tentang blog ini. Semoga blog ini bermanfaat bagi pembaca (secara positif tentunya). Jika ada kritik, saran, komentar, ajakan kerjasama, dsb silakan menghubungiku melalui Contact ini. Jika ada yang kurang jelas, silakan tanyakan di kolom komentar, ya. Semoga betah berkunjung ke Bukulova. :D

Comments

  1. Ok deh... Dinanti selalu review nya, dan semoga bermanfaat, saya juga suka baca buku. He

    ReplyDelete
  2. Ok deh... Dinanti selalu review nya, dan semoga bermanfaat, saya juga suka baca buku. He

    ReplyDelete
  3. Halo mba Rizki! Aku ingin meninggalkan jejak dulu disini, menarik banget setelah melihat ulasan buku yg diberi mba Rizki. Salam kenal ya mba! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Reka. Salam kenal. Terimakasih sudah mampir. Semoga betah ya di sini. Silakan berkunjung kembali. :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Maybe Someday by Colleen Hoover – Musik dan pilihan hati

[Review] Le Petit Prince by Saint-Exupery – Perenungan sederhana tentang kehidupan