Book Haul & Wrap Up: March – July 2018

instagram @kikioread

Yap! Terakhir posting tentang book haul & wrap up di Bukulova ini di awal Maret lalu. Dan tadaa… baru di pertengahan menuju akhir Agustus baru bisa kembali nulis dan update ini blog. #hiks

Sepertinya tidak perlu kujelaskan “mengapa” karena yang namanya alasan itu memang selalu ada, hehe. Hanya saja, asli, kangen alias rindu dengan dunia ini: baca dan nulis. Pun apalagi dengan hal itu: kangen menghabiskan waktu bersama buku, dan tersesat ke dalam alur cerita yang dibawanya serta kangen “mengurus” bookstagram yang bernama @kikioread. Lalu apa kabar, ya, target baca yang jauh di awal tahun dipasang itu? Semoga bisa terlaksana dengan sukses. #yosh #ganbatte

Okelah, terlepas dari curhatan di dua paragraf di atas, sebenarnya inti postingan ini berupa Book Haul dan Wrap Up. Selama Maret hingga Juli lalu, aktivitas membaca dan membeli buku tidak terlalu signifikan. Oleh karenanya bisa digabung dalam satu postingan saja. Mau tahu apa saja buku-buku yang berdatangan dan yang beres kubaca di lima bulan terakhir ini? Yuk, ah, langsung scroll down.

BOOK HAUL

Total ada lima buku baru yang ikutan masuk ke dalam tbr list-ku. Dua diantaranya kubeli pada Maret lalu, sementara tiga lainnya pada bulan Juni kemarin. Terus, Book haul Juli mana? Gak ada, dan gak berencana untuk menambah timbunan. Bukan karena tidak ingin, melainkan sedang berjuang lebih rasional #apasih #haha.

Begini, rasanya aku menjadi tidak tega melihat tbr yang semakin meninggi. Semua buku-buku yang masih tersegel di lemari bukuku itu lebih berharga jika kubaca alias kugunakan sebagaimana mestinya. Jadi aku sudah puasa belanja buku sejak Desember 2017 paling tidak puasa sampai lebih dari 3/4 buku-buku di lemari selesai dibaca. Haha, ya, pada akhirnya book buying ban diriku tidak berjalan sempurna. Puasanya bolong di bulan Maret dan Juni. Lalu sempat juga beberapa kali ikutan Giveway yang notabene hadiahnya buku. #hadeh

#10 Year of the Hyenas by Brad Geagley
Tergiur membeli buku ini sejak membaca reviewnya di sebuah blog buku (maaf lupa blog punya siapa). Reviewnya bernada positif dan bikin penasaran karena kisah di dalamnya unik. Novel ini menggunakan setting masa lalu, zaman para Firaun masih berkuasa di tanah Mesir. Adalah Semerket, seorang pemabuk yang pada akhirnya diminta untuk menyelesaikan sebuah kasus pembunuhan yang tidak main-main. Nah, novel ini tampak unik salah satunya berkat gabungan antara cerita detektif dengan setting tempat dan waktu yang seperti itu.

#11 The Golem and the Jinni by Helene Wecker
Tersihir dengan sampulnya yang keren? Iya. Termasuk ke dalam wishlist yang dulu pernah dibuat? Iya. Penasaran dengan jalan ceritanya? Tentu saja iya. Well, selain karena hal-hal tersebut, buku ini sempat masuk ke dalam jajaran buku kena diskon di toko buku Gramedia saat itu. Ya, sudah barang tentu, aku jadi ingin (pake banget) untuk membawanya pulang. The Golem and the Jinni ini kubeli bersamaan dengan Year of the Hyenas di bulan Maret lalu. #bookbuyingban #failed

#12 Day of the False King by Brad Geagley
Ternyata rasanya perih-perih gimana gitu kalau main ke toko buku tapi tidak ada yang dibawa pulang. Dan sewaktu puasaku kembali bolong di Juni kemarin, aku membawa pulang tiga buku lagi. Salah satunya novel ini. Jika membaca blurb dan nama pengarangnya, sudah curiga kalau ada hubungannya dengan Year of the Hyenas. Setelah cek Goodreads, ternyata benar. Ini adalah seri kedua dari cerita Semerket tadi. Yippi!

#13 The Killing Kind by John Connolly
Meski ini buku ketiga dan bukan yang masuk ke dalam wishlist dari buku-buku Connolly lainnya, tetap ini buku aku bawa pulang. Hehe, sudah lama ingin mencicipi karya beliau. Sekilas dari review dan blurb dari buku ini serta beberapa bukunya yang lain, tema tulisannya berkaitan dengan supranatural. CMIIW.

#14 Vampir Broken Heart by Michele Bardsley
Ya, yang ini juga pernah masuk ke dalam daftar buku yang kumau. Akhirnya ketemu juga di bagian sale. Ini buku romance. Aku tertarik karena pernah baca reviewnya (maaf lupa di blog siapa). Meski romance dan berbau vampire, aku punya feeling kalau cerita di buku ini tidak alay atau dramatis apalah. Katanya ada campuran bumbu komedinya juga. Well, let’s see then. Mudah-mudahan tidak melenceng jauh dari ekspektasi.

Wrap Up

Oke, cerita tentang Book Haul sudah selesai. Mari kita ke bagian Wrap Up.



Ini karya kesepuluh dari novelis Indonesia, Andrea Hirata. Novel ini memiliki nuansa kehidupan Melayu yang kental dan asik sekali membacanya. Meski demikian bukan hanya tertawa saja karena membaca humor yang disisipi hampir di sepanjang halaman buku, pembaca juga akan terasa terharu dan tercenung. Silakan baca reviewnya, ya. Rating untuk Sirkus Pohon adalah 4/5 a.k.a really liked it.


 

Ini buku pertama dari seri yang berjudul sama (The Naughtiest Girl). Buku ini kuselesaikan di bulan Mei lalu. Ada misi untuk menamatkan kesemua buku di seri ini yang telah diterjemahkan. Kisahnya tentu tentang awal mula Elizabeth bisa bersekolah di Whyteleafe. Sekolah asrama tersebut ideal sekali hingga mampu mengubah sifat nakalnya. Oh, ya, sebelum membaca buku pertamanya, aku sempat lompat langsung membaca buku kedua. Tapi that’s fine. Kuberi rating (3/5) liked it dan reviewnya menyusul, hehe. #ntahkapan #semogasegera #sad

#10 The Ghost Guitar by Paul Shipton


Salah satu seri Penguin Reader level 3. Ya, ini buku menggunakan bahasa Inggris. Tebalnya 48 halaman. Aku menamatkannya dalam waktu satu hari (sekitar 2 jam). Buku ini berkisah tentang sebuah gitar yang ternyata dirasuki oleh roh pemilik sebelumnya. Kisahnya tidak terlalu rumit. Untuk The Ghost Guitar kuberi rating 3/5 atau liked it. Aku belum tahu apakah akan membuat review-nya atau tidak.

Ya, tiga banding lima. Apa boleh buat, timbunan masih saja lebih tinggi daripada yang berhasil diselesaikan. Dan lumayan merasa miris karena tiga buku itulah yang dapat selesai dibaca  disepanjang Maret dan Juli #hiks. Mari kita lihat apa yang terjadi sama Bukulova di beberapa bulan menuju akhir 2018 ini, ya. Selamat membaca buku, kawan.

Comments

Popular posts from this blog

7 Alasan Memilih dan Membeli Buku Bacaan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Cewek Paling Badung di Sekolah by Enid Blyton – Asal mula Elizabeth dikirim ke Whyteleafe