Rentang: Dari 2023 ke 2024


Boleh dibilang 2023 adalah tahun paling bablas dalam hal bacaan, wkwk. Kehadiran si buah hati menyita segenap perhatianku. Tidak ada tbr yang berhasil di babat. Tidak ada catatan apapun di Goodreads. Serta tidak ada postingan terbaru di blog ini selama hampir setahun (terakhir posting bulan Januari).

Aktivitas Baca

Apakah benar-benar tidak membaca? Tidak juga sih. Bahan bacaanku berubah menjadi buku anak. Jenis board book dengan satu kalimat per halaman, wkwk. Ada beberapa yang agak tebal dan berisi lebih dari tiga kalimat, namun penuh ilustrasi. Ya, khas buku anak.

Sebagai ganti aktivitas membaca untuk diri sendiri, setahun ini aku fokus mengenalkan buku ke anak (usia anakku kala itu masih di bawah satu tahun). Tujuanku membuatnya berkenalan dengan buku dan kegiatan membaca.

Alhasil aku jadi belajar tipis-tipis cara membaca nyaring, cara membaca yang menarik agar anak menjadi tertarik. Alhamdulillah, hasilnya positif. Anak suka dan bisa berinteraksi lewat buku. Kosakatanya bertambah. Sekarang ia sudah bisa ambil buku sendiri dan bilang, “Mama ata (baca)”. Masya Allah.

1| Book Haul & TBR

Seperti yang kutuliskan di atas, tahun ini tidak ada timbunan yang berhasil diselesaikan. Sementara daftar buku yang dibeli lumayan banyak. Bisa dibilang 90% berupa buku anak. Diantaranya seperti buku yang berisi kisah 25 Nabi dan Rasul, seri Menjaga Lisan, dll.

Hanya ada tiga buku yang boleh dibilang bahan bacaan anak di atas lima tahun, yang juga bisa diriku konsumsi. Dua diantaranya adalah Edisi Spesial 50 Tahun Majalah Bobo (versi cergam dan versi dongeng). Satunya lagi merupakan buku non fiksi berjudul Asal Usul Kesyirikan di Mekah.

Buku-buku tersebut telah selesai dibaca dan sedang kubuat ulasannya (kecuali Edisi Spesial Dongeng Majalah Bobo). Jika tidak ada halangan, ulasannya akan tayang di Bukulova sebentar lagi.

2| Reading Wrap Up

Hanya ada dua buku yang berhasil selesai dibaca tahun ini. Tuntas dibaca dalam artian dari halaman pertama sampai akhir. Serta judul tersebut bukan buku anak dengan minim teks (hanya satu atau di bawah lima kalimat per halaman) seperti yang kuceritakan di atas, hehe.

Dua buku tersebut salah satunya berupa majalah. Yup, Majalah Bobo Edisi Spesial 50 Tahun. Majalah ini isinya sebagian besar merupakan cerita bergambar (cergam). Ada sekitar 50 cergam. Bisa dibaca dengan cepat asalkan punya waktu yang cukup.

Buku kedua berjudul Asal Usul Kesyirikan di Mekkah. Tidak menyangka kalau buku ini enak dinikmati. Ada ilustrasi di setiap halamannya namun tidak minim teks. Ini buku pertama dari seri Jejak Sejarah Nabi Muhammad. Rencananya mau dibuat ulasannya. Semoga jadi ya.

Aktivitas Blogging

Sama halnya dengan aktivitas baca, Bukulova sepi postingan. Alasannya tidak punya waktu dan bahan, wkwk. Tidak ada tunggakan ulasan sebab buku yang tuntas dibaca juga sangat minim jumlahnya.

Apakah aktivitas blogging benar-benar padam di tahun 2023? Tidak juga sih. Demi menjaga keanggotaan di salah satu komunitas blog, maka aku tetap harus setoran, hehe. Jadi hanya satu bulan sekali nulis dan itu untuk blog personalku yaitu Pandoraque. Tampilan postingannya pun sangat simpel tanpa gambar. Rencana mau kulengkapi nanti.

aktivitas blogging bukulova. sumber gambar: unsplash

1| Total Post

Ada dua postingan tercatat di awal tahun 2023, tepatnya di bulan Januari. Kedua postingan tersebut antara lain postingan wajib tahunan alias Rentang dan satu lagi berupa ulasan.

Rentang: Dari 2022 ke 2023
Review Novel Curtain: Poirot’s Last Case karya Agatha Christie

2| Page View

Lagi-lagi aku lupa mencatat persisnya berapa pageview yang Bukulova punya. Gak ngerti kenapa kelupaan mulu. Tentunya tidak bisa diukur berapa kenaikan jumlah tayang blog ini secara pasti atau minimal pembulatannya.

Ya sudahlah. Daripada lupa lagi, aku catat saja di postingan ini, wkwk. Page view Bukulova saat postingan Rentang ini diketik (tanggal 20 Desember 2023) adalah 121.438. Nah, mari kita lihat bagaimana page view di akhir tahun 2024 nanti. Insya Allah.

Refleksi Bukulova 2023

Tercatat ada tiga rencana yang tercetus di tahun 2023 lalu. Waktunya refleksi apakah rencana tersebut telah berhasil dijalankan atau sebaliknya, wkwk.

1| Mencicil TBR

Wah, baru refleksi pertama sudah kena raport merah deh, haha. Tidak ada TBR yang berhasil dicicil. Tidak kecewa dan tidak juga marah. Tahun ini coba cicil lagi, wkwk.

2| Target Baca

Tahun lalu pasang target baca 30 buku. Angka ini kembali tidak berhasil diraih. Jadi agak capek ya pasang target seperti ini, wkwk. Aku pun masih cari waktu buat baca alih-alih ikutan tidur bareng anak.

3| Kuantitas Postingan

Untuk Bukulova, kuantitas postingan juga menurun drastis. Hanya ada dua postingan yang berhasil dibuat, itupun di Januari. Tahun ini mari coba lagi. Entah bagaimana ngeblog itu sudah seperti candu. Rasanya ada yang hilang jika kegiatan ini dilepas, hehe.

Rencana Bukulova 2024

Baiklah, berdasarkan refleksi di atas, mari buat rencana yang lebih realistis, wkwk. Fokus diriku dan Bukulova untuk tahun ini hanya dua hal ini saja.

1| Kembali Mencicil TBR

Meski kemungkinan akan tergoda untuk beli buku baru di tahun ini, namun tekad masih bulat. Masih berusaha menuntaskan timbunan buku yang ada. Lalu akan kulepas buku-buku tersebut jika tidak ingin dikoleksi atau dibaca ulang.

2| Rajin Posting Blog

Jika sesuai rencana, postingan di Bukulova untuk tahun 2024 akan lebih terstruktur setiap bulannya. Jadi aku sudah mencoba membuat tipe postingan apa saja yang akan disajikan berikut jumlahnya. Ya, semoga eksekusinya bisa lancar, wkwk.

Penutup

Begitulah Rentang tahun ini. Semoga rencana dan hal-hal baik lainnya bisa terwujud dan diraih. Selamat membaca buku, teman-teman.


Comments

  1. Aku doain semoga semua plannya bisa terealisasi mbaaa.

    Aku pun 2023 drastis bgt jumlah bacaan 😂😂. 2022 berhasil lebih dari 56 buku, di 2023 bisa dibilang kurang dr 10 🤣🤣

    Krn2023 memang aku fokus ke traveling, jadi udh ga ingat untuk baca mba 🤭. 2024 ini mau fokusnya ke blog. Jadi sepertinya target baca ttp ga tercapai sih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

7 Alasan Memilih dan Membeli Buku Bacaan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Cewek Paling Badung di Sekolah by Enid Blyton – Asal mula Elizabeth dikirim ke Whyteleafe