Haul & Wrap Up: March - April 2021

Bukulova kok isinya book haul & wrap up mulu? Ya, gimana ya. :D


Postingan rekap seperti ini sudah dijadwalkan sekali per dua bulan. Pada kenyataannya, terakhir nulis postingan semacam ini di pertengahan Maret lalu (seharusnya di akhir Februari).

Belum lagi, diantara kedua Haul & Wrap Up post kali ini cuma ada satu postingan pemisah (yaitu ulasan buku Hannibal) alias memang belum banyak postingan lainnya selama dua bulan terakhir. Pantesan berasa, Bukulova akhir-akhir ini isinya rekapan terus.

Eh, akunya sih yang merasa. Apakah pembaca blog ini juga merasa demikian? :D

Sebenarnya di akhir tahun lalu aku punya rencana untuk rajin posting Bukulova setiap dua kali seminggu. Pada praktiknya, hingga saat ini, belum bisa terlaksana. Malah ada satu bulan, cuma satu postingan, dong. Haha, ya begitulah. Tapi aku belum menyerah, sih. Masih bakal terus kucoba. Lagian 2021 masih ada beberapa bulan lagi, kan. :D

Balik ke topik, selama dua bulan terakhir (Maret - April) tidak banyak buku yang datang dan buku yang telah selesai dibaca. Estimasi tahun ini membaca 31 buku, maka hingga April ini baru sekitar 12% yang terpenuhi. Masih panjang ternyata perjalanan. Baiklah berikut rincian Book Haul dan Reading Wrap Up per dua bulan terakhir.

Book Haul

60 Hadits Shahih karya Faqihuddin Abdul Kodir

Selama Januari lalu aku mengikuti ODOP (One Day One Post) yang diselenggarakan oleh ICC x Mubadalah.id. Alhamdulillah bisa selesai penuh tiga puluh hari dan terpilih menjadi salah satu pemenang harian. #yaiy

instagram @kioztoreku

Dari event ini aku mendapatkan hadiah yaitu sebuah buku nonfiksi berjudul 60 Hadits Shahih (khusus tentang hak-hak perempuan dalam Islam dilengkapi penafsirannya) karya Dr. Faqihuddin Abdul Kodir. Dari judulnya sudah bisa tergambar dengan jelas isi buku tersebut.

Kalau masih penasaran perihal isinya, baca sampai habis postingan ini, ya. Buku ini sudah selesai aku baca dan sudah dibuat juga ulasannya.

Omong-omong, buku ini tiba di rumah pada awal Maret lalu. Pendek kata, dua bulan terakhir aku berhasil menahan diri untuk tidak membeli buku baru. #yass

Reading Wrap Up

Total ada tiga buku yang berhasil dibaca selama periode ini. Dua diantaranya berupa fiksi, sementara sisanya adalah nonfiksi. Berikut cerita singkat tentang buku-buku tersebut sesuai urutan waktu baca.

60 Hadits Shahih karya Faqihuddin Abdul Kodir

Jujur aku jarang membaca buku nonfiksi apalagi yang bermuatan ilmu agama. Jadi buku ini membawa warna tersendiri dalam dunia "perbukuanku". :D

Sesuai dengan judulnya, buku ini memuat kumpulan hadits shahih yang berkaitan dengan hak-hak perempuan. Hadits tersebut ditafsirkan menggunakan prinsip mubadalah (relasi kesalingan antara laki-laki dan perempuan, cmiiw).

Kompilasi hadits tersebut dikelompokkan ke dalam 15 bagian. Dimulai dari prinsip relasi antara laki-laki dan perempuan secara umum, tentang martabat perempuan dalam pandangan Allah Swt., pengakuan atas hak-hak perempuan baik dalam kehidupan bermasyarakat hingga bahasan terkait relasi antara suami dan istri.

Buku ini lumayan membuka pikiran. Hadits tentang perempuan dalam Islam itu banyak. Bukan hanya tentang tulang rusuk yang bengkok atau perempuan sebagai penyebar fitnah bagi laki-laki. Ada banyak sisi lainnya yang perlu dilihat dan dipahami serta boleh jadi lebih penting atau fundamental.

Secara tampilan, buku ini terstruktur namun mudah dipahami. Hadits yang diangkat ditampilkan dalam bentuk aslinya (bahasa Arab) dan terjemahan. Riwayat hadits juga disertakan berikut penjelasan singkat (tafsir) mengenai isinya.

Buku ini sudah kuulas di Pandoraque. Tidak ada rating yang kusematkan. Sebab perihal rating cuma untuk ulasan/review yang tayang di Bukulova. #apasih #haha

Hannibal (Hannibal Lecter #3) karya Thomas Harris

Hannibal merupakan buku ketiga dari serial Hannibal Lecter karya Thomas Harris. Di sini pembaca dapat melihat bagaimana serial killer satu ini beraksi secara langsung, bukan dari balik jeruji seperti di dua buku sebelumnya. Pembaca juga bisa mengintip kehidupan dan cita rasa seperti apa yang diinginkan oleh dokter jenius sekaligus psikopat ini.

Buku ini lumayan tebal (664 halaman) dan terbagi dalam beberapa bagian. Menurutku buku ini merupakan puncak pertempuran melawan Lecter. Tampaknya para karakter yang pernah muncul di dua buku sebelumnya, mendapatkan akhir mereka masing-masing di sini. Lalu bagaimana penulis mengakhiri kisah Lecter?

Lecter adalah villain yang menarik dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Aku sudah ikhlas kalau Lecter (misalnya) dihabisi Starling. Namun penulis memilih untuk mengakhiri dengan cara yang berbeda.

Tidak terasa terlalu menegangkan seperti dua pendahulunya. Namun Hannibal masih buku yang menarik untuk dibaca terutama bagi penggemar kisah fiksi bergenre thriller & crime. Apalagi jika memang mengikuti sepak terjang Lecter atau dengan kata lain merupakan pembaca serial ini. Rating: 3.7/5 (liked it)

The Notting Hill Mystery karya Charles Felix a.k.a Charles Warren Adams

Buku ini diklaim sebagai novel detektif modern pertama yang ditulis dalam bahasa Inggris. Terbit pertama kali secara berkala pada 1862 di sebuah majalah mingguan.

The Notting Hill Mystery mengangkat kisah misteri dibalik kematian Madame R** dan polis asuransi ribuan poundsterling yang menyertainya. Seorang ahli hipnosis sekaligus suaminya yang bernama Baron R** mengklaim polis tersebut paska kematian wanita malang itu.

Ralph Henderson telah disewa oleh pihak asuransi untuk menyelidiki kebenaran dibalik kasus ini. Apakah suaminya alias Baron R** telah melakukan kecurangan dan perbuatan keji?

Fiksi ini dikemas dengan menarik. Bukan dalam bentuk untaian bab seperti yang biasa kutemui. Melainkan dalam bentuk laporan Henderson kepada pihak yang memberinya wewenang untuk melakukan penyelidikan. Laporannya berupa barang bukti antara lain lembaran surat, testimoni, robekan kertas, denah rumah, dll.

Intinya ini buku yang menarik. Terjemahannya juga baik sekali sehingga pembaca tidak merasa kesulitan menikmati dan memahami isi buku. Jadi menyesal pernah menelantarkan buku setebal 252 halaman ini di timbunan karena sampulnya yang not my cup of tea. Rating: 4/5 (really liked it)

Penutup

Kalau dipikir-pikir, bacaanku periode Maret - April mengalami kemajuan dari segi jumlah. Jenis buku yang dibaca juga sedikit beragam. Dua diantaranya pun telah selesai diulas. Tinggal satu buku lagi saja yang insya Allah menyusul ulasannya. Apa kabar Mei dan Juni nanti ya? Harapanku sih semoga lebih baik tentunya.

Comments

  1. Wah, ternyata Hannibal ini ada bukunya ya? *barutau*.

    Saya juga mulai jarang posting di blog Mbak, tapi kembali semangat pas lihat update-an teman-teman di thread Update Blog Buku Indonesia di Goodreads XD.

    Semoga Mei dan Juninya nanti lebih baik ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya ada kak :D

      Semoga semangatnya terkumpul lagi kak. Kadang memang butuh jeda sejenak. Dan setuju sih. Postingan teman2 blogger buku lainnya bikin semangat. Termasuk yg di thread goodreads itu (aku juga sering post di situ kak, hihi).

      Mudah2an lebih baik. #yass :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Le Petit Prince by Saint-Exupery – Perenungan sederhana tentang kehidupan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Emma by Jane Austen – Drama percintaan klasik