Book Haul & Wrap Up: January – February 2020


Saat ini aku sudah cukup yakin untuk membuat tulisan mengenai buku yang baru kudapatkan dan buku yang telah selesai kubaca. Kali ini yang masuk daftar adalah buku-buku dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Sengaja tidak dipecah karena hanya ada sedikit buku. Jadi bisa digabungkan ke dalam satu tulisan. Aku berencana akhir bulan Maret nanti dapat membuat tulisan seperti ini lagi (kemungkinan hanya reading wrap up atau rangkuman bacaan saja karena berencana tidak beli buku dulu). Apakah bisa terwujud? Kita lihat saja nanti, ya. :D
 
Book Haul


#1 The Silent Patient by Alex Michaelides
Ini buku pertama yang kudapatkan di tahun ini. Aku tidak membelinya. Ini hadiah ulang tahun dari suamiku. Iya, sih, aku yang pilih judulnya, haha. Awalnya aku bingung, mau dibelikan buku yang mana. Kami sempat ke Toko Buku tapi tidak ada yang cocok di hatiku. Ketika melihat instagram, aku melihatnya. Lalu setelah membaca beberapa ulasan terkait buku ini, aku putuskan memilihnya. Dari sinopsis yang kubaca di bagian belakang buku, ini tentang pasien sekaligus saksi mata (atau malah sudah menjadi tersangka)  pembunuhan yang memilih untuk bungkam atau membisu. Seorang psikiater mencoba menolong pasien ini. Bagaimana dan apa yang sebenarnya terjadi, nanti lah, kubaca dulu. :D

(Reading) Wrap Up


Uncommon Type menjadi novel pembuka yang selesai kubaca di tahun ini. Sampulnya merah dengan ilustrasi mesin tik terasa mengundang. Buku ini merupakan sebuah antologi cerpen karangan actor terkenal peraih Oscar, Tom Hanks. Ada 17 cerpen di dalamnya yang memiliki beragam tema dan sudut pandang namun memiki dua hal yang sama yaitu mesin tik dan perihal waktu. Silakan klik judulnya untuk membaca ulasan lengkap tentang buku ini. Rating: 3/5 (liked it)


Perisakan (bullying) menjadi isu utama yang diangkat oleh Big Little Lies. Memiliki beberapa karakter utama dan banyak karakter tambahan. Semua karakter berkontribusi dalam suatu kasus yang berujung kepada kematian seseorang. Dari novel ini aku bisa menyimpulkan bahwa periskaan dapat terjadi di setiap level usia (tidak hanya di kalangan anak-anak saja). Lalu aku juga melihat bagaimana respon mental seseorang terhadap perisakan yang ia alami. Bagaimana akibat yang timbul dari perisakan tersebut terhadap karakter/sifat seseorang. Novel yang menarik untuk dibaca. Rating: 3.5/5 (liked it)


#3 The 100-Hundred-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Disappeared by Jonas Jonasson
Judulnya super panjang namun menarik perhatian. Siapa yang tidak penasaran dengan pria berusia 100 tahun yang melompat keluar lewat jendela kamarnya lalu memulai sebuah petualangan baru. Sembari menikmati petualangan barunya, pembaca juga disuguhkan dengan kisah masa lalu pria ini sebelum dirinya berusia 100 tahun. Hal-hal yang telah dan akan dialaminya sungguh luar biasa. Penulisnya sangat imajinatif, tetapi bukan berarti ada unsur fantasi atau dongeng atau sesuatu hal yang paranormal begitu. Novel ini justru memiliki sedikit muatan sejarah dan berbau politik. Penasaran? Sudah seharusnya. Rating: 3.8/5 (liked it)

Nah, itulah daftar buku yang baru kudapatkan dan yang telah selesai kubaca. Memang bukan buku terbitan terbaru. Menurutku buku-buku itu tidak terikat dengan tahun terbitnya. Maksudnya tidak seperti gadget yang akan terlihat jadul setelah beberapa tahun. Buku itu dapat melintasi waktu. Omong-omong soal waktu, semoga ada banyak buku lagi yang selesai kubaca di tahun ini dan di bulan ini khususnya. Semangat membaca!

Comments

Popular posts from this blog

7 Alasan Memilih dan Membeli Buku Bacaan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Cewek Paling Badung di Sekolah by Enid Blyton – Asal mula Elizabeth dikirim ke Whyteleafe