Reading Wrap Up: April - May 2020

Sebenarnya aku ingin membuat Reading Wrap Up seperti ini setiap bulan. Hanya saja beberapa kali tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Begitupula dengan kali ini. Aku akan merangkum judul-judul buku yang telah selesai kubaca pada bulan April sekaligus Mei. Selain karena sudah lewat dari jadwal, total buku yang telah dibaca juga tidak terlalu banyak. Aku rasa tidak akan menjadi postingan yang terlalu panjang, hehe. Yuk, mari kita mulai saja.

Reading Wrap Up April 


#8 Winnie the Pooh by A.A. Milne
Sampul buku ini tebal dan memiliki ilustrasi yang menarik. Ilustrasi di sampul mengikuti hingga bagian dalam buku dan berwarna pula. Ada 10 kisah di buku ini yang tentu saja seputar keseharian Winnie the Pooh dan teman-temannya di Hutan Seratus Ekar. Di bagian awal buku ada halaman perkenalan yang menceritakan asal usul terciptanya si beruang cokelat penyuka madu ini. Berikut alasannya dinamakan “Winnie the Pooh”. Membaca buku ini menyenangkan sebab sejak kecil sudah menyukai karakter Pooh meski belum pernah membaca atau menonton cerita apapun tentangnya. Rating: 4/5 (liked it)


#9 The House at Pooh Corner by A.A. Milne
Aku menyebutnya ini seri kedua sekaligus terakhir dari buku Winnie the Pooh yang telah kutuntaskan sebelumnya. Aku lihat-lihat, susunan di dalamnya hampir mirip. Ada sepuluh kisah tentang Pooh dan teman-temannya di hutan yang sama. Di bagian awal buku ada halaman yang menjelaskan kalau kisah Pooh boleh jadi berhenti di buku ini. Cerita ke sepuluh menceritakan perpisahan Cristopher Robin dengan dunia Pooh. Buku ini sama baiknya dengan buku sebelumnya. Halamannya juga dipenuhi ilustrasi berwarna goresan E.H. Shepard dan juga sampul yang tebal. Rating: 4/5 (liked it)


#10 A Head Full of Ghosts by Paul Tremblay
Setelah mencoba membaca dua buku yang lebih ringan dan bisa dituntaskan sekali duduk, selanjutnya aku memilih judul ini. Berkisah tentang Marjorie Barrett yang melakukan hal-hal di luar batas kewajaran. Kondisi Marjorie menggiring pembaca untuk menebak apakah dia kerasukan atau malah mengalami gangguan kejiwaan. Kekalutan keluarga Barrett saat itu ditambah dengan keikutsertaan The Possesion; sebuah reality show yang merekam dan menayangkan proses pengusiran setan terhadapnya. Kisah Marjorie ini telah lewat belasan tahun yang lalu namun kembali dikisahkan melalui kacamata Merry, adiknya sekaligus satu-satunya anggota keluarga Barrett yang masih hidup. Apakah yang sebenarnya terjadi dengan keluarga ini? Silakan baca langsung bukunya. Rating: 3.7/5 (liked it)

Reading Wrap Up May


#11 The Book of Lost Things by John Connolly
Salah satu buku yang pernah masuk ke dalam daftar buku inceranku dan akhirnya berhasil kubaca. Buku ini berkisah tentang David yang memasuki sebuah celah dan pergi ke dunia dimana dongeng-dongeng menjadi hidup. Petualangan David untuk mencari ibunya yang telah meninggal seklaigus bertemu Raja agar bisa keluar dari dunia tersebut dihalangi oleh pasukan Serigala yang ingin mengambil alih kekuasaan. Ada pula tipu daya si Bungkuk yang menyertai perjalanannya. Buku yang menarik dan mengundang penasaran karena dongeng-dongeng di dalamnya memiliki karakter dan alur cerita yang berbeda dari yang kuketahui. Aku menyukai cara Connolly bercerita di buku ini. Rating: 4/5 (really liked it)


#12 The Book of Mirrors by E.O. Chirovici
Menurutku novel ini memiliki ilustrasi sampul yang keren yang dapat mengundang rasa penasaran. Novel ini bercerita tentang sebuah pembunuhan terhadap Professor Wieder. Pembunuhan ini telah terjadi puluhan tahun yang lalu namun kembali naik ke permukaan setelah Richard Flynn mengirimkan bab pembuka memoar mengenai kasus ini kepada sebuah penerbit. Penyelidikan tentang kasus ini kembali dimulai setelah diketahui kalau Richard telah meninggal karena sakit dan salinan keseluruhan isi memoarnya tidak ditemukan. Apa yang sebenarnya terjadi ternyata lebih rumit dari apa yang terlihat. Ada rahasia di balik rahasia dan setiap tokoh yang terlibat memiliki kacamatanya masing-masing. Rating: 3.7/5 (liked it)

Itulah kelima buku yang telah tuntas kubaca dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Sejauh ini baru bacaan di bulan Maret yang menempati jumlah terbanyak. Aku belum tahu bagaimana pencapaianku di bulan Juni ini. Kita lihat saja nanti, hehe.

Comments

  1. wah keren! hebat banget udah banyak baca buku segitu juga :( terima kasih infonya kak, novel di atas keren2 sepertinya jadi mau baca^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

7 Alasan Memilih dan Membeli Buku Bacaan

[Review] The Silmarillion by J.R.R Tolkien – Sebuah riwayat yang panjang

[Review] Cewek Paling Badung di Sekolah by Enid Blyton – Asal mula Elizabeth dikirim ke Whyteleafe