Selasa, 10 Januari 2017

[Wrap Up Post] Reading Challenge 2016

Yap, 2016 telah berlalu hampir seminggu yang lalu. Tahun yang membuatku terkesan karena penuh cerita warna warni yang sama sekali tidak kuduga sebelumnya. Begitu pula dengan cerita Reading Challenge (RC) yang begitu keranjingan kuikuti. Total ada 10 challenge yang begitu komit untuk kuikuti di awal tahun 2016. Hingga waktu perlahan berjalan, ada saja ini dan itu yang membuatku tidak begitu total dalam mengikuti challenge tersebut. Dan hal ini menjadi pembelajaran untukku. Tahun 2017 ini, aku akan membatasi diri dalam mengikuti challenge. Daripada banyak yang keteteran nantinya, hahaha.


Baiklah, aku menuliskan post ini sebagai bentuk wrap up akhir dari RC yang kuikuti di 2016 lalu. Wrap Up post ini berlaku untuk semua challenge yang kuikuti atau aku akan merangkumnya semua di sini. Marilah kita lihat… :D



RC yang digagas oleh blog The Cute Geek ini adalah salah satu RC yang totally failed untuk kuikuti. Maksudnya tidak ada progress yang kubuat. Tidak ada satu buku pun yang bersetting Asia Timur yang sesuai dengan tema challenge ini yang berhasil kubaca dan kureview. Hiks.



Well, nasib RC yang digagas oleh blog Casual Book Reader ini sama seperti yang sebelumnya. Aku gagal total dan tidak ada satu buku pun yang sesuai dengan tema RC ini yang sudah kubaca dan review. Ya, Cuma master postnya yang berhasil kubuat. Sisanya gagal. Hemmm…



RC ini digagas oleh blog The Bookaddict Diaries. Aku mengambil level Skeptic Romantic (1-15 buku). Selain itu ada 8 tema wajib yang kuambil. Sejauh mata memandang #halah, ada 5 buku romance yang berhasil kubaca dan review untu RC ini. Sementara diantara 5 buku tersebut, aku hanya bisa memenuhi 3 tema wajib yang kupilih. Haha, aku tidak begitu mengerti bagaimana perhitungan pointnya. Namun terlihat sudah kalau hasil RC ini agak hopeless untukku.



Ya, dari 12 bulan dan 12 tema yanga ada di RC ini, hanya 3 tema awal (Januari-Maret) yang bisa kupenuhi. Sisa tema lainnya menjadi suram hingga saatnya RC ini berakhir (meskipun aku tidak melihat ada tema bulan November dan Desember). Jadi, total ada 3 buku yang sesuai dengan kategori di RC yang di-host oleh blog Lust and Coffee.



Yuhuu, mungkin ini cuma satu RC yang kuikuti yang lumayan mencapai target. RC ini di-host oleh blog Legitur punya Mbak Sasty. Di sini kita ditantang untuk membaca buku-buku tebal minimal 500 halaman dan harus buku yang dicetak jadi bukan audio book ataupun ebook. Dari beberapa kelas yang ditawarkan aku mengambil kelas paling ringan yaitu Featherweight (1-4 buku). Dan aku berhasil membaca 4 buku target awal. Horeee… (tepuk tangan). Berhasil meski belum berhasil naik kelas. Hahaha…



Oke, di sini all about fantasy dan tema lain yang mengikutinya. RC ini ada di blognya Ough, My Books. Kita diminta mengambil level dan membaca buku dengan tema yang sesuai judul RC ini. Selain itu, untuk lebih menambah tantangannya, ada kategori tertentu yang harus kita penuh. Dan yea, aku mengambil level Muggle (20 buku). Meski hanya berhasil membaca 9 buku untuk challenge ini, but aku berhasil melengkapi semua kategotinya. Hahaha…



Wah, kalau RC yang ini bikin aku ingat dengan A Monster Calls. Kok bisa? Mbak Ziyya, yang jadi host-nya adalah yang memberiku buku tersebut. Ceritanya, salah satu review-ku untuk RC ini disukai dan itu hadiahnya. Terimakasih mbak, :D. Anyway, buku-buku untuk challenge ini harus bertemakan Young Adult. Untuk RC ini aku mengambil level Freshmen (13 buku). Total 7 buku yang berhasil kubaca dan kureview untuk challenge ini. Silakan klik di sini untuk rincian buku yang kuikutkan di RC ini. :D



Kalau yang ini digagas oleh blog Mari Ngomongin Buku. Challenge yang ini lebih ke project pribadi dan bebas. Jadi setiap selesai membaca buku di tahun 2016, kita sisihkan sejumlah uang. Nah, aku sepakat dengan diriku sendiri, sehabis membaca buku yang tebalnya 500 halaman ke atas, aku akan menyimpan uang sebesar 5.000 rupiah. Dan untuk buku yang di bawah 500 halaman, aku akan menyisihkan 3.000 rupiah. Alhamdulillah, total buku yang bisa kubaca selama 2016 lalu adalah 19 buku dan total uang yang berhasil kukumpulkan sebesar 65.000 rupiah (rekapannya klik di sini). Menurutku challenge ini menarik sekali. Rencananya aku mau ikut challenge seperti ini lagi. Lumayan uang yang kusisihkan tersebut bisa kubelikan buku lagi di akhir tahun, yaiy.



Hohoho, ini salah satu challenge yang digagas sama komunitas Blog BukuIndonesia. Jadi setiap bulan, BBI kasih tema posting tertentu dimana kita akan posting bareng anggota BBI lainnya. Tema-tema tersebut tidak melulu tentang review buku. Aku mencoba ikutan meski terhenti di bulan Maret. Hiks! Maaf ya, Bebi. Tapi 2017 ini aku ikutan lagi, ya, meski challenge-nya sudah berubah. Nanti kubuatkan Master Post-nya yang nnati sekaligus sebagai Progress Post dan Wrap-Up Post-nya. Hahaha, biar nggak ribet di akhir tahun nanti, insha Allah.



Kalau ini sudah jelas, Goodreads yang menjadi host. Meski tidak ada hadiahnya, namun challenge ini lumayan bermanfaat untuk menentukan target membaca di awal tahun sekaligus sebagai rekam jejak membaca kita. Untuk tahun 2016 aku memasang target membaca 20 buku. Haha, namun ternyata belum berhasil. Total ada 19 buku yang kubaca di 2016. Dan sayangnya, salah satu buku yang kubaca tersebut tidak ada di list buku Goodreads. Jadinya, ya, gitu, Goodreads merekam aku Cuma membaca total 18 buku di 2016. Haha, ya, sudahlah. Nanti pasang target lagi untuk 2017.

Yap, itulah hasil dari beragam challenge terkait dengan buku yang telah kuikuti. Ada yang totally failed, ada juga yang hasilnya pas-pas.an banget. Jika ingin melihat rincian buku yang masuk ke dalam kategori challenge-nya silakan klik disini. Atau langsung klik di judul masing-masing challenge-nya. Judul-judul buku tersebut sudah kukumpulkan jadi satu di sana supaya lebih musah kuakses dan kuperbaharui.

Baiklah, tahun 2017 sudah datang. Dan aku tidak akan lagi ikut banyak challenge, haha. Bagaimana dengan hasil RC-mu?

2 komentar:

  1. Banyak sekali ikut RC ya tahun lalu Walaupun ada yang nggak sampai target tapi tetap semangat buat ikutan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, keranjingan banget lah tahun kemarin. Sekarang rada jera. Salam kenal. Terimakasih sudah mampir kemari. :)

      Hapus