Minggu, 14 Februari 2016

[Posbar 2016] List Buku-buku tentang Cinta

Haha, aku tidak tahu bagaimana judul yang menarik untuk postingan ini. Yang pastinya, aku membuat postingan ini untuk meramaikan Posting Bareng BBI 2016. Kebetulan juga ini tahun pertama aku mengikuti posbar, hehe. Dan tema untuk bulan ini adalah Valentine’s Day.
February: #ValentinesDay
Ya, sudah barang tentu valentine berkaitan dengan cinta. Aku mencoba memikirkan ide postingan apa yang menarik. Dan sepertinya aku masih mentok dengan postingan dalam bentuk list atau daftar.

Kali ini aku berusaha menyajikan daftar buku-buku yang bertemakan cinta. Dan karena menurutku Valentine adalah hari kasih sayang dan hal tersebut akan sangat sempit jika hanya membahas kasih sayang antara kamu dan aku #halah. Maksudnya cinta pada kekasih. Aku memutuskan untuk membuat list yang terkait dengan bentuk cinta lainnya. Adapun rekomendasi mengenai buku-bukunya kudapatkan dari blog walking ke teman-teman blogger buku lainnya dan beberapa ada yang tergabung di BBI. Apa boleh buat, aku belum mempunyai banyak referensi, masih banyak buku yang belum kubaca, hehe. Ya, sudahlah. Ada yang penasaran, nggak? Hayuk, lah, kita simak. :D 

#1 Cinta untuk diri sendiri

sumber
Mungkin terkesan egois, namun tetaplah kita harus memiliki cinta untuk diri sendiri. Dan sama seperti cinta untuk hal lainnya, setiap cinta harus dicurahkan dengan kadar yang pas-tidak lebih dan tidak kurang. Bagaimanapun seseorang yang paling lama ada bersama kita hanyalah diri kita sendiri. Iya, mungkin agak membingungkan, semoga ada yang mengerti dengan apa yang kumaksudkan itu, haha. Bicara soal novel yang mengusung tema ini, aku teringat Eat, Pray, Love karangan Elizabeth Gilberth. Dia meninggalkan zona nyamannya dan berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri. Aku belum pernah baca novelnya ataupun menonton filmnya yang membawa nama Bali itu, hehe.

#2 Cinta untuk orang tua

sumber
Sudah seharusnya bagi kita untuk berusaha membalas kasih sayang yang telah diberikan oleh orang tua selama ini. Andrea Hirata mengungkapkan cintanya kepada Ayah melalui salah satu novelnya yang berjudul sama: Ayah. Ada banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari buku ini. Termasuk juga bagaimana kasih sayang Ayah untuk anaknya. Selain untuk Ayah, ada pula review buku yang bercerita mengenai kasih sayang anak dan Ibunya. Buku ini berjudul For One More Day karangan Mitch Albom. Aku tahu tentang buku ini karena membaca review ini di blog Bibli Ough my Books. Ya, mungkin kedua novel tersebut bisa menjadi gambaran mengenai cinta untuk orang tua.

#3 Cinta untuk anak

sumber
Ada satu buku manis yang pernah kubaca review-nya saat main-main ke aggregator BBI. Judul buku ini adalah Bella: Sekolah takPerlu Air Mata. Buku ini bercerita tentang perjuangan dan kasih sayang orang tua untuk anaknya yang bernama Salsabilla yang kemudian dipanggil Bella. Malangnya Bella menderita diseleksia dan diskalkulia. Buku ini cocok untuk para orang tua atau pun pemerhati pendidikan yang peduli dengan anak-anak.

#4 Cinta untuk sahabat

Sumber
Sebenarnya untuk tema ini, aku mau bicara tentang buku yang bercerita tentang kasih sayang dalam hubungan persahabatan. Bukan sahabat jadi cinta, namun memang murni tentang kasih sayang antara dua orang sahabat. Namun sedikit sulit bagiku untuk menemukan buku mana yang pas. Oleh karena itu, aku memutuskan memilih dua judul. Pertama, bukunya John Green yang berjudul Paper Town. Semua pasti sudah tahu jika buku ini berkisah tentang seorang cowok yang naksir dengan sahabat masa kecilnya. Meskipun terkesan sederhana, namun sepertinya selalu ada unsur nyeleneh dari setiap karya John Green. Yang nyeleneh di kisah ini adalah karakter cewek yang ditaksir sama cowok tersebut. Sahabat ceweknya ini bukan gadis biasa.

sumber
Aku sendiri menilai jika buku itu (Paper Town) belum sepenuhnya masuk ke dalam tema yang kumaksudkan. Jadi kupilih satu judul lainnya yaitu The Kite Runner karya Khaled Hosseini. Aku punya Ebook-nya namun belum sempat kubaca. Namun, aku pernah blog walking ke teman blogger lain dan dia me-review buku ini. Salah satu bagian dari kisah di buku ini adalah tentang persahabatan dan persaudaraan antara Amir dan Hassan di kota Kabul Afganistan. Aku tidak bisa bercerita banyak karena belum baca, hehe.

#5 Cinta untuk kekasih hati

sumber
Ini adalah jenis cinta yang paling umum, yang sering dibahas dimana-mana. Meskipun begitu, kisah cinta seperti ini mempunyai banyak cabang yang bisa digali dan divariasikan. Hehe, aku berkomentar seolah pernah menulis buku saja, ya. Tapi, ya, memang mungkin seperti itu. Dan untuk tema cinta seperti ini, aku akan menampilkan judul buku yang pernah kureview saja ya. Judulnya 204 Rosewood Lane atau diterjemahkan sebagai Mengejar Kekasih Hati. Ya, bisa terlihat dari judul terjemahannya ini tentang kekasih. Meski demikian, buku ini menawarkan kisah kehidupan cinta yang bergam (tidak hanya tentang satu pasangan saja) dan yang menjadi benang merah adalah mereka tinggal dalam satu lingkungan yang sama yaitu Cedar Cove. Ya, silakan klik judulnya jika tertarik untuk melihat review-nya.

#6 Cinta untuk buku

sumber
Siapa yang cinta sama buku? Aku ikutan ngacung meski belum banyak buku yang telah kubaca atau ku-review. Terkadang mirip seperti kata pepatah: so many books, so little time. Yang namanya buku dan kegiatan membaca itu memang nggak akan ada habisnya. Nah, untuk tema cinta yang ini, aku teringat satu buku yang dulu pernah masuk wishlist-ku. Judulnya Perpustakaan Ajaib Bibbi Boken karangan Jostein Garder. Dari judulnya sudah tentu akan menyerempet tentang buku. Menurut review-nya, buku ini bisa menjadi sarana yang memuaskan bagi pencinta bibliography. Ya, kurasa, Garder pun sama seperti kita yang mencintai buku. Maka dari situ dia bisa membuat novel ini untuk menggugah minat membaca
 
Yup, begitulah ulasan singkatku mengenai buku-buku yang bertemakan cinta. Mungkin ada buku yang tidak sepenuhnya tetang cinta, namun bisa dikatakan tema cinta masih dominan dibahas di dalam buku-buku tersebut. Pun pastinya masih ada buku-buku lain yang bertema sama namun lebih menarik dari list buku di atas. Dan seperti yang kukatakan sebelumnya, jika tertarik silakan langsung klik reviewnya untuk membaca ulasan lengkap mengenai buku-buku tersebut.

Well, selamat bulan Februari. Enjoy your day, fellas. :D

4 komentar:

  1. Wah aneka rasa cinta yang terekspresikan dalam buku, keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya MasDi, seperti ituh! Makasih komennya. :D

      Hapus
  2. huwah, keren ih. Aq paling bingung kalo disuruh bikin list2 seperti ini, he3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi Mbak Danee. Kebetulan aku lagi dapet ide buat list2 ginian.. :D

      Hapus